Materi Muatan Teknis Substantif Lembaga (MTSL) angkatan XV, XVI, dan XVII

PUSDIKLATASN

  Selasa, 06 Agustus 2019

BBPLM Jakarta, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai ASN Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi pada Bidang Penyelenggara menggelar Materi Muatan Teknis Substantif Lembaga (MTSL) di depan para Peserta DIklat Latsar CPNS Angkatan XV, XVI, XVII. Di moderator oleh Kabid Penyelenggara Ibu Lusi Jumiyati dan di hadiri oleh 2 orang Nara Sumber yaitu Bapak Rafdinal, Direktur PDT, dan Bapak Lalu, selaku Kepala BBPLM Jakarta.

Dalam materinya Rafdinal menjelaskan tupoksi dr masing2 direktorat di Ditjen PDT yg saling berkaitan dalam rangka mengentaskan 122 daerah tertinggal di Indonesia. Target nya 80 daerah tertinggal dari 122 dapat terentaskan di akhir tahun 2019 sesuai dengan RPJMN tahun 2015-2019. Dan sampai saat ini sudah 60 daerah tertinggal yang telah terentaskan.

“Salah satu strategi percepatan pembangunan daerah tertinggal adalah dgn mengoptimalkan peran bumdes yg disinergikan dgn perkembangan teknologi informasi. sebagai contoh pemanfaatan bumdes untuk pemasaran hasil pertanian/nelayan/pengrajin baik secara offline maupun online lgsg ke konsumen, sehingga dapat memotong rantai distribusi pasar yg panjang.” Ucapnya.

Beliau juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta agar bekerja dengan hati, bukan bekerja karena pimpinan. CPNS merupakan aset masa depan yang akan meneruskan estafet kepemimpinan kementerian desa dimasa yang akan datang

Selain pak Rafdinal, Pak lalu juga memberikan materi, dalam materinya Beliau menekankan pentingnya pegawai kementerian desa mengenali seluruh unit kerja di lingkungan kemendes bersama dengan Tusinya masing-masing. Hal ini penting karena ketika kita berada di masyarakat, masyarakat tidak mengenal ditjen PKP, Ditjen PDT, Ditjen PKTrans, tetapi yang dikenal adalah kementerian desa. Seseorang yang saat ini ditempatkan di Ditjen PDT misalnya, tidak akan selamanya berada di unit tersebut, karena rotasi, mutasi dan promosi jabatan akan selalu berjalan.